Have a Little Faith by Mitch Albom

for UrbanWomen.org Januari 2013

“… Ketika bayi lahir ke dunia, tangannya mengepal, bukan? Seperti ini?”

Ia mengepalkan tangannya.

“Mengapa? Karena bayi, ingin menggenggam apa pun untuk mengatakan, ‘Seluruh dunia ini milikku.’”

“Lalu ketika seseorang yang sudah tua meninggal, bagaiman ia mati? Dengan tangan terbuka. Mengapa? Karena ia telah mendapat pelajaran itu”

Pelajaran apakah itu? tanyaku.

Ia merentangkan jarinya lebar-lebar.

“Kita tidak dapat membawa serta apa pun.”

HaveALittleFinal

Buku Have a Little Faith, Sumber: MitchAlbom.com

 Demikian salah satu cuplikan dari buku Have a Little Faith karya Mitchel David ‘Mitch’ Albom, jurnalis di bidang olah raga, berdasarkan pengalaman pribadinya. Merupakan buku non-fiksi keduanya.

Have_a_Little_Faith-1r

Diawali dengan permintaan seorang seorang pemuka agama yang dihormati dan disegani, Rabi Albert Lewis, untuk menyampaikan eulogi di hari kematiannya. Permintaan ini, membuat Mitch perlu mengenal sosok Albert Lewis lebih dekat, tidak hanya sebagai pemuka agama, tapi juga sebagai sahabat. Banyak pelajaran yang didapat dari sini. Bukan hanya tentang kematian dan bagaimana menghadapinya, tapi juga kehidupan dan bagaimana menjalani serta menghargai hidup supaya bisa lebih bersyukur setiap waktu. Dibarengi kisah-kisah pertemuan Mitch dengan Henry Covington, Afro-Amerika yang ketagihan narkoba, dipenjara, bertobat lalu terlibat lagi dalam jual beli narkoba karena godaan keuangan dan berjanji tidak akan menggunakannya, tapi lagi-lagi karena godaan keuangan, menggunakannya lagi. Hingga suatu malam, Henry sangat ketakutan akan kematian, akhirnya bertobat dan hingga sekarang mengabdikan diri untuk melayani orang-orang di lingkungan sekitarnya. Dimulai dengan fasilitas yang cukup nyaman hingga akhirnya melayani dengan fasilitas seadanya, bahkan dapat dikatakan sangat kurang; atap bocor dan mesin pemanas yang tidak berfungsi dengan baik di musim dingin.

Have_a_little_faith-2r

Kisah kehidupan 2 orang mengagumkan yang sangat berbeda, Albert Lewis dan Henry Covington; Yahudi dan Kristiani, kulit putih dan Afrika-Amerika, ekonomis yang mencukupi dan miskin, Mitch memperhatikan bagaimana perbedaan-perbedaan tersebut memiliki hal yang sama, IMAN untuk bertahan hidup dan menghadapi kematian. Iman? Semua orang mengenal kata ini, semua orang tau bahwa saat hidup terasa “mentok” iman diperlukan, hampir semua orang tau bahwa iman merupakan hal yang sangat penting untuk membuat seseorang tetap hidup, tapi bagaimana cara untuk mengaktifkan dan menggunakannya? Kehidupan Albert Lewis dan Henry Covington yang tercatat pada buku ini menunjukkan caranya, jawaban untuk setiap pertanyaan-pertanyaan kehidupan mengenai kegagalan, kemanusiaan, keluarga, pernikahan, sahabat, kehilangan, menghargai, menghormati, komitmen, melayani, kesehatan, mengucap syukur dan perbedaan, bagaimana bertahan di masa-masa sulit, apa itu surga, meragukan Tuhan, dan pentingnya iman di masa-masa sulit. Walaupun memiliki latar belakang dan cara berdoa yang berbeda, tapi iman membuat keduanya memiliki kesamaan. Pada akhirnya Albom menyadari kedua orang tersebut telah mengajarkan hal-hal berharga pada dirinya, kenyamanan yang mendalam tentang mempercayai sesuatu yang lebih besar dari dirinya. Have a Little Faith adalah buku tentang tujuan hidup, tentang kehilangan keyakinan dan menemukan lagi, tentang kehadiran Tuhan dalam diri manusia. It is one man’s journey, but it is everyone’s story. 

Buku ini indah!

Have a Little Faith berada di urutan pertama dalam daftar Times Bestseller New York dan terpilih sebagai the Best Nonfiction Book of 2009 oleh Oprah.com.

 

@grcyrn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s